Rabu, 01 September 2010

Hati-hatilah Dengan Segala Hal Yang Tidak Sukai

www.sodahead.com/united-states
Dalam kehidupan di dunia, manusia selalu mempunyai kebiasaan dan keinginan yang berbeda. Si A inginnya Z sementara Si B inginnya Y. Kadangkala Si A mengatakan tidak suka dengan Y pilihan Si B dan sebaliknya demikian. Memang ada benar dan salahnya tapi ada juga yang disukai maupun tidak disukai dari masing-masing individu manusia.

Baru-baru ini saya mengalami hal-hal demikian. Hal yang tidak saya sukai malah membuat saya menyukainya. Padahal saya sudah berulangkali mengatakan kepada orang lain kalau saya tidak suka itu tapi apa yang terjadi kemudian malah saya menikmatinya. Contoh yang terjadi adalah saya paling tidak suka mendengar suara motor dengan knalpot yang mengeluarkan suara keras seperti suara bajaj. Mungkin sebagian besar orang akan mengatakan buat apa sich knalpot sepeda motor dibuat seperti itu. Sangat mengganggu pendengaran, bising dan tidak enak didengar kecuali memang dipakai untuk balapan di sirkuit. Knalpot sepeda motor dengan suara keras banyak disukai anak muda terutama kalau lagi trek-trekan di jalan. Mereka menganggap kerasnya suara knalpot memberikan suasana yang lain dan mengasyikkan serta memnimbulkan rasa aku-nya.

Dulu sering kali saya menghentikan orang yang mengendari sepeda motor dengan knalpot tersebut bila lewat depan rumah. Saya pasti menegurnya dan kalau teguran saya diabaikan mau tidak mau mulut dan tangan saya bergerak otomatis ke kepala pengendaranya hehehe. Dan menariknya kebanyakan pengendaranya remaja.

Seperti cahaya yang melakukan refleksi atau memantul, Apa yang dialami oleh pengendara remaja tersebut dialami juga oleh saya. Beberapa hari ini saya selalu menggunakan sepeda motor bila bepergian sekitar Jabodetabek. Karena keadaan buru-buru seringkali saya tidak perhatian dengan kondisi motor. Nah pada saat di jalan barulah saya merasakan kerisihan di telinga. Aduhhhh rupanya knalpot motor saya telah diganti oleh keponakan dengan knalpot khas anak remaja yang mengeluarkan suara keras dan bising sekali terutama kalau motor saya melewati daerah perumahan, kampung padat dan gang-gang kecil. Mau dipelankan gasnya tetap saja suaranya tidak enak didengar. Rasanya seperti mau ditutup muka ini dan banyak orang melihat saya bila melewatinya. Kacau juga kalau begini terus. Habis bagaimana lagi saya sedang dalam kondisi buru-buru dan tidak ada waktu ke bengkel untuk mengganti dengan knalpot standar. Memang saya jarang sekali menggunakan motor kalau tidak ada keperluan yang mendesak maka itu keponakan yang selalu memakai motor tersebut.

Ada hal unik yang saya alami saat mengendarai motor dengan knalpot tersebut di jalan raya yaitu keuntungan keleluasaan bergerak. Banyak motor yang menyingkir dan menjauh bila saya mulai mendekatinya. Suasana yang mengasyikkan lainnya adalah bila di jalan lurus. Jadi ingat waktu kuliah dulu wedeeh tidak ada tuh kecepatan motor dibawah 40 km/jam, Kerasnya suara motor dalam kondisi mengebut maka menaikkan adrenalin diri saya untuk menambah kecepatan motor. Terasa sekali rasa bangga dan semangat hidup. Tetapi tetap saja dalam kondisi mental yang terkontrol dan tidak grasa grusu. Maka itu saya menjadi mengerti ohhh ini toh suasana yang dicari anak-anak remaja sehingga mengganti knalpotnya dengan suara keras.

Contoh yang lain adalah seorang teman wanita saya pernah mengatakan kalau dia tidak akan mau buang air besar atau kecil bila kamar mandi/toilet/WC-nya jorok. Suatu hari dia diajak pergi ke daerah perkampungan kumuh. Tahu sendirilah tempat buang air di daerah tersebut. Karena tidak tahan lagi menahan buang air kecilnya maka dia terbirit-birit mencari kamar kecil. Nah saat dia melihat kondisi kamar kecilnya, dia menahan hasratnya. Apalagi kondisi kamar kecil tersebut berada di pinggir kali. Tetapi dia sudah kebelet maka mau tidak mau harus disalurkan hasratnya. Begitu keluar dari tempat tersebut, dia tersenyum-senyum dan mengatakan asyik juga buang air di tempat tersebut. Suasananya seperti lain daripada yang lain.

Kemudian contoh yang tidak sukai adalah gonta ganti pakaian. Tidak mau pakai baju orang karena merasa risih. Ini dialami oleh teman saya juga. Tetapi dalam kondisi kepepet karena bajunya basah kena keringat dan hujan pada saat naik gunung mau tidak mau dia menerima tawaran teman yang lain untuk memakai pakaiannya supaya teman ini tidak terkena masuk angin. Ada lagi orang yang tidak suka minuman di gelasnya diminum bersama-sama dengan teman yang lain. Tetapi pada saat kondisi yang tidak memungkinkan misalnya menghilangkan hausnya setelah bermain sepak bola maka hal yang tidak disukainya harus disingkirkannya.

Belum lagi cerita tentang ketidaksukaan kita terhadap orang-orang tertentu. Saya sering mengalaminya dan selalu berusaha untuk menghindari orang-orang tersebut. Tetapi ke depannya mereka malah dekat dengan saya dan mengerti sekali kemauan saya. Padahal dulu saya tidak sekali dengan mereka dengan alasan yang bermacam-macam seperti bicaranya ketus, mau menang sendiri, dan sebagainya. Sepertinya Allah sengaja menciptakan bermacam-macam manusia dan saya diperintahkan untuk mengenal dan mempelajari watak dan karakter mereka masing. Setelah itu barulah saya dipersilahkan untuk menilainya. Apa mau lanjut atau tidak.

Kesimpulannya adalah jangan sekali-kali kita menilai seseorang sebelum kita mengenal dan menyelaminya secara mendalam. Atau bahasa kerennya jangan komentar kalau kita tidak tahu. Bahkan ada suatu yang kita sukai sekali malah berbalik menjadi hal yang sangat tidak disukai maka itu janganlah berlebihan bila kita menyukai sesuatu. HATI-HATILAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar